Home / Terpilih Sebagai Terbaik, Ero Tour Padang Siap Sambut Wisatawan Timur Tengah

Terpilih Sebagai Terbaik, Ero Tour Padang Siap Sambut Wisatawan Timur Tengah

Berita dan Artikel - Berita

23 Sep 2016

209 kali


Arsip - disadur dari : kinciakincia.com (11/10/2016)

Melakukan yang terbaik di setiap kesempatan akan mendatangkan peluang dan keberhasilan. Moto tersebut dijadikan owner Ero Tour, Ian Hanafiah mengelola bisnisnya.

Kehadiran Ero Tour Padang adalah bukti kerja keras dan perjuangan tak kenal lelah. Kini Ero Tour dan Ian Hanafiah sudah mendapat nama di pentas pariwisata Sumatera Barat dan Indonesia.Ian Hanafiah kini menjabat sebagai ketua ASITA Sumatera Barat. Ia mengaku tahun 2016 merupakan tahun bersejarah karena Ero Tour ditasbihkan sebagai biro perjalanan wisata halal terbaik di Indonesia. Tidak Hanya itu, operator ini mewakili Indonesia dalam kompetisi World Halal Tourism Award di Abu Dhabi yang akan digelar Desember nanti.

"Kami jemput langsung penghargaan tersebut ke Kementrian Pariwisata. Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Mentri Pariwisata RI Arief Yahya," kata Ian Hanafiah, Selasa (11/10/2016).

Ia mengakui, kebanggaan diperoleh karena usaha yang dirintis dari nol kini bersaing dengan operator tour and travel di Indonesia dan dunia.

"Penghargaan ini adalah kerja keras kita semua, semoga pariwisata Sumbar mampu mensejahterakan masyarakatnya," ungkap Ian Hanafiah.

Ero Tour didirikan oleh Ian Hanafiah tahun 1998 silam. Usaha tersebut dibangun setelah Ian merasa cukup berpengalaman menjadi pemandu wisata bertahun-tahun. Awalnya Ian menjalankan usaha biro perjalanan ini, bermodal jaringan yang sudah dibangun. Secara perlahan Ero Tour mulai dikenal luas oleh wisatawan, karena servis terbaik yang diberikan kepada tamu. Setelah 18 tahun beroperasi, Ero Tour menjadi salah satu operator terbesar di Sumatera Barat. Selain memiliki gedung yang representatif di Jalan H. Juanda Padang, Ero juga memiliki sejumlah bus pariwisata ukuran besar dan sedang.

Namun keberhasilan itu, tidak membuat alumni sekolah perhotelan ini berpuas hati. Ian terus menambah kompetensi dan jaringannya di dunia luar. Salah satunya aktif dalam promosi wisata di dalam dan luar negeri.

Siapkan Sumber Daya Manusia

Kini Ero Tour memiliki tanggung jawab yang sangat berat sebagai operator wisata halal. Walaupun selama ini sudah mempraktikkan nilai nilai wisata halal, namun masih banyak pekerjaan yang cukup berat. Salah satunya adalah mendorong restoran, hotel dan pusat penjualan oleh oleh memiliki sertifikasi halal.

"Wisatawan muslim dari Timur Tengah khususnya, sangat hati-hati dengan persoalan makanan dan pelayanan yang halal ini, karena itu kami mendorong relasi untuk punya sertifikat halal," beber Ian.

Menurutnya, pariwisata halal sudah jadi gaya hidup wisatawan dunia dan ini menjadi peluang yang sangat bagus bagi Sumatera Barat karena masyarakat Timur Tengah masih sangat awam dengan Sumbar.

"Mereka masih berpikir bahwa Sumatera adalah hutan belantara. Kita harus memanfaatkan ini untuk promosi di negara negara Timur Tengah," jelasnya.

Selain itu, Sumatera Barat juga harus cepat berbenah menyambut wisatawan muslim. Karena secara ekonomis akan sangat menguntungkan Sumatera Barat.

"Wisatawan muslim itu hobi berbelanja, dan mau menghabiskan uang dengan jumlah banyak, jika menyukai kualitas barang yang diinginkan," terangnya.

Lebih lanjut Ian menjelaskan, Sumatera Barat juga harus mempersiapkan tempat tempat wisata khususnya berkaitan dengan wisata alam. Sebab wisatawan itu lebih suka dengan wisata bernuansa alam, dan Sumatera Barat sudah memiliki semua itu.

"Tinggal lagi pembenahan, khususnya fasilitas untuk ibadah dan toilet di tempat wisata" jelas Ian Hanafiah.

Khusus untuk Tour dan travel di Sumatera Barat, ini merupakan peluang besar untuk menggaet wisata. Operator harus mulai menyesuaikan diri dengan kebutuhan wisatawan muslim. Apalagi biasanya wisatawan muslim yang berkunjung dalam jumlah cukup banyak minimal satu keluarga yang dibawa berlibur berjumlah 8 orang.

"Operator harus mempersiapkan tenaga pemandu wisata yang terampil dan harus ada pemandu yang bisa berbahasa Arab," kata Ian Hanafiah dalam diskusi dengan pengurus GenPI Sumbar beberapa waktu lalu. (kkc)

 

Bagikan :